Sabtu, 17 Oktober 2009

Pengertian Obyektivasi, Internalisasi, Externalisasi

Obyektivasi disebut sebagai upaya re-definisi nilai yang sudah ada pada kepercayaan dalam kesadaran diri manusia. Dalam tahap ini, muncul pertanyaan kritis tentang fungsi, materi, dan beberapa hal lain terkait dengan nilai yang sudah dipahami tersebut. Hasil perenungan kembali yang terkadang dibumbuhi dengan tindakan kontemplatif ini, terkadang melahirkan proposisi nilai atau pemahaman baru yang secara subyektif dianggap lebih baik dari proposisi sebelumnya.

Misalnya : media massa meliput ariel peterpan, sehingga muncul lah pemberitaan tentang trend-trend ariel peterpan di media electronik maupun media massa. Lalu masyarakat menanggapi pemberitaan tersebut dan muncullah pemikiran public bahwa berita tersebut benar dan bagus. Sehingga public mengikutinya.



Internalisasi adalah proses pemasukan nilai pada seseorang yang akan membentuk pola pikirnya dalam melihat makna realitas pengalaman. Nilai-nilai tersebut bisa jadi dari berbagai aspek baik agama, budaya, norma sosial dll. Pemaknaan atas nilai inilah yang mewarnai pemaknaan dan penyikapan manusia terhadap diri, lingkungan dan kenyataan di sekelilingnya.

Misalnya: saya meniru gaya pakaian ariel peterpan yang sedang ngetrend saat ini, Secara tidak langsung saya telah menginternalisasi diri saya sendiri, karena mengikuoti trend ariel.


Eksternalisasi adalah usaha ekspresi manusia atas re-definisinya terhadap nilai yang selama ini diyakini sebagai kebenaran. Ekspresi ini diwujudkan kepada orang lain atau kelompok yang secara kuantitatif lebih besar dengan tujuan untuk mewarnai atau bahkan dalam kondisi ekstrim merubah nilai-nilai semula dengan nilai baru yang diyakini kebenarannya. Tokoh atau kelompok yang merasa memiliki proposisi keyakinan baru seperti ini reralif militan.
Misalnya : ariel peterpan sebagai artis membuat sensasi ke public dengan menampilkan trend-trend baru, sehingga public dapat menirunya atau bisa menjadi inspirasi untuk public. Jadi, secara tidak langsung ariel peterpan telah mengeksternalisasi kepada public.

11 komentar:

  1. wah-wah tugas kok dimasukkan kedalam blog..... hohohohohoho

    ^_^

    BalasHapus
  2. jah,keabisan ide nih orang gw rasa.hahaha

    BalasHapus
  3. wwwwiiiiiiii ....... keren SOSKOMASSS selalu dihati booozzzz...... hahahahaaaa......

    BalasHapus
  4. telat nih posting nya. aturan minggu kemaren.pas ada tugas soskomnas
    hehehe

    BalasHapus
  5. penting yah ngepost pelajaran. hahaha

    BalasHapus
  6. apalaah kamu itu patriaaaa . bisa sambil belajar gue baca blog lo , hhaa

    BalasHapus
  7. Hahahaa... ya dari pada blog gw gx ada isinya? Betul betul betul.....

    BalasHapus
  8. ini materinya sumbernya dari mana ka?

    BalasHapus